Rabu, 30 Maret 2016

Kereta Api Purwosari-Wonogiri Riwayatmu Kini

BB 300 29 feat Gerbong Senja Bengawan
Jalur Kereta Api purwosari wonogiri padamulanya hanya jalur cabang dari jalur semarang-voorstenlanden(yogyakarta) yang dibangun oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Sebenarnya dahulu ada beberapa halte pemberhentian di sepanjang purwosari - solo kota(sangkrah) . yakni Pesanggrahan, Ngadisuran, Bando, Ngapeman, Pasarpon, Cayudan, Kauman dan Lojiwetan. Halte-halte tersebut sekarang sudah tidak ada lagi. Pada masa kolonial belanda jalur kereta ini mencapai baturetno. Hanya saja setelah indonesia merdeka jalurnya hanya sampai wonogiri saja. Jalur dari Wonogiri sampai baturetno dibongkar untuk pembangunan waduk gajah mungkur. Di masa jayanya di jaman kolonial, jalur ini merupakan jalur strategis angkutan batu gamping dari wilayah Wonogiri, Baturetno dan Pacitan yang banyak digunakan untuk produksi Pabrik Gula di sekitaran surakarta

KA Lokal Purwosari Wonogiri Tahun 1971
Jalur ini sempat mati di tahun 2010 karena KA Feeder senja Bengawan di hentikan operasionalnya. Namun jalur ini tidaklah mati seluruhnya. Jalur ini masih digunakan oleh KA Wisata Jaladara yang ditarik loko uap C1218. Kereta uap ini juga menjadi ikon kota surakarta. hanya saja tarif sewa kereta ini lumayan mahal serta rutenya yang hanya sampai sangkrah dirasa kurang memuaskan penikmat kereta wisata ini

Sepur Klutuk Jaladara melintas di jalan slamet riyadi
sempat vakum sejak 2010 jalur ini kembali aktif saat pengoperasian railbus bathara kresna. Pengoperasian railbus ini sempat ada ganjalan mengenai tarifnya. PT KA sebagai operator menginginkan harga Rp. 30.000 tapi pemkot surakarta menginginkan tarif sebesar Rp. 3000. tapi saat operasional perdananya harga tiket di setujui Rp. 4000. Railbus ini selain sebagai sarana Transportasi juga di gunakan sebagai sarana wisata. Railbus akan melonjak penumpangnya ketika weekend. sebagian penumpangnya adalah orang tua yang mengajak anak-anaknya jalan-jalan naik kereta ke wonogiri.

Goes To Wonogiri..tuut...tuuuuu....
Hal yang menjadi sensasi tersendiri ketika menaiki railbus ini adalah saat melati jalan slamet riyadi. kecepatannya juga dibatasi 15-20 Kmh. selain itu kertea ini selalu menarik perhatian pengguna jalan ketika melihat. jadi ada perasaan bagaimana gitu...

Nah buat teman teman yang mau berwisata ke surakarta, kereta ini bisa dicoba terlebih dahulu. tak usah takut. kereta ini ada 2x trip dari purwosai ke wonogiri. unuk tarif dan waktu bisa di lihat di gambar berikut. sekian postingan mbah..nanti akan ada lanjutan tentang soichiro honda part 2. tunggu saja update dari mbah ya..

Salam Historia......!

Jadwal dan Tarif railbus..perhatikan ya...jangan sampai ketinggalan

Share:

0 komentar:

Posting Komentar